Bahagia itu Sederhana

BAHAGIA itu ternyata bukan masalah berapa banyak harta yang kita punya. Begitulah pelajaran yang saya ambil dari seorang kenalan saya, sebut saja beliau pak “Y”.

Pak Y adalah seorang tenaga keamanan atau security di sebuah perusahaan besar. Jika saya tidak salah tebak, kemungkinan beliau berusia kurang lebih hampir 50 tahun. Beberapa kali saya bertemu beliau dan saya tidak pernah melihat beliau menunjukkan raut muka yang tidak enak. Bahkan saya selalu melihat wajah yang bersinar-sinar ceria dan bahagia.

Suatu kali pada saat saya ngobrol dengan beliau, saya bertanya apa rahasianya dia setiap hari bisa selalu nampak bahagia. (sebenarnya ada bbrp percakapan bahasa Jawa antara saya dan beliau, namun utk mempermudah memahami maka disini saya tuliskan dlm bhs Indonesia)

Lalu beliau menjawab rahasia bahagianya adalah “IKHLAS dan BERSYUKUR”.

Saya kemudian dengan cepat bertanya lagi, “Pak maaf dgn gaji yang saat ini tidak terlalu besar, kenapa bapak tetap terlihat selalu bahagia, Apakah bapak tidak punya masalah hidup dan keuangan sama sekali ya?

Dengan Bijak beliau menjawab, “Nah maka dari itu kuncinya di IKHLAS dan BERSYUKUR”. Saya tentunya punya masalah yang sama dgn orang pada umumnya. Cuman bedanya cara saya menyikapinya. Saat saya terima masalah yang saya lakukan selain berusaha mengatasinya, saya juga belajar IKHLAS. Dengan IKHLAS saya menjadi tidak gampang mengeluh.

Begitu juga saat saya harus menikmati hidup dengan gaji yang pas-pasan saat ini. Yang saya lakukan adalah BERSYUKUR, dengan Bersyukur saya lebih merasa bisa menikmati kondisi apapun yang saya jalani. Dengan bersyukur kita tidak akan mudah bergaya hidup yang melebihi kemampuan kita.

Jawaban beliau mengajarkan saya banyak hal, saya yakin anda juga.

Jadi BAHAGIA itu SEDERHANA tidak serumit yang kita pikirkan.

Karena terkadang sesuatu yang rumit itu malah yang makin menjerumuskan kita kepada KETIDAK BAHAGIAAN karena kita TIDAK PERNAH PUAS

Jadi sekarang mulai belajar untuk memenuhi KEBUTUHAN bukan KEINGINAN karena kebutuhan ada masanya namun keinginan tidak akan pernah ada habisnya.

BAHAGIA SEJATI = IKHLAS + SYUKUR

SALAM PENUH KEBAHAGIAAN UNTUK KITA SEMUA 🙂

Dari Sahabatmu yang ingin kamu BAHAGIA,

Kristian Praba Raditya

@YanPraditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *