Berbagi itu Ternyata Berbahaya

Kali ini saya mau bercerita perihal yang cukup berbahaya. Apabila anda belum cukup nyali disarankan jgn membaca tulisan ini karena selain panjang, tulisan ini dinilai sangat berbahaya sekali. Tapi jika anda bersikeras utk tetap membacanya, saya persilahkan utk membacanya dgn hati-hati.

Ok here we go. Saya teringat pada waktu menonton sebuah kisah dalam film kungfu Cina ada satu hal menarik yg saya lihat.

Hal itu adalah kebiasaan seorang guru kungfu dalam mengajarkan ilmunya yg dia berikan pada muridnya. Biasanya mereka tidak mengajarkan 100% ilmunya, hanya 70-80% yg diajarkan. Fungsinya agar sang Guru tidak kalah hebat dari sang Murid. Karena berbagi semua ilmu itu sangat berbahaya karena takutnya sang murid akan mengalahkan gurunya. Nah masalahnya saat sang murid naik level menjadi guru maka dia akan lakukan hal yg sama pd muridnya. Akhirnya bisa dipastikan murid berikutnya akan mendapatkan ilmu yg semakin minim.

Ya terlihat ironis bukan? Tapi itulah yg terjadi hingga kini. Banyak org pintar yg lebih suka menyimpan ilmunya utk diri sendiri tdk untuk dibagi pd org lain. Jadi apakah berbagi itu memang sebetulnya berbahaya ya?

Bbrp tahun yg lalu sewaktu saya msh aktif mengisi pelatihan saya pernah ditanya “Bagaimana cara mendapatkan ilmu baru dgn cepat?”. Saya dgn spontan menjawab “Ya dengan berbagi semua ilmu yg kita punya”.

Lho mksdnya apa. Begini biar saya jelaskan sebenarnya Hukum di Dunia ini sangat pasti yaitu “Apapun yang kamu tabur maka itulah yg kamu tuai”

Yes tepat apapun itu entah ilmu, uang, kebaikan bahkan keburukan sekalipun.

Sebagai contoh tahukah apa yg membuat 2 org terkaya di dunia yaitu Warren Buffet dan Bill Gates menjadi tetap kaya hingga kini? Setelah saya pelajari ternyata selain bisnis mereka yg besar ternyata mereka punya kebiasaan berbagi harta mereka dgn luar biasa besar juga. Terhitung sdh sekian triliun dana yg mereka keluarkan hanya utk beramal. Dan ajaibnya uang mereka tdk berkurang namun malah bertambah dari hari ke hari.

Begitu jg saat saya dgr cerita dari teman bhwa seorang pejabat kenalannya yg korup dan tdk jujur selama bertugas di saat masa pensiunnya justru bnyk mnghabiskan uangnya hanya utk berobat krn stroke dan penyakit aneh lainnya. Belum lg tingkah laku anaknya yg nakal. Yes itu adalah buah dari apa yg dia lakukan di masa lalunya. Anda jg pasti setuju dan kerap liat sendiri fenomena ini kan?

Begitu jg dgn Ilmu. Jgn pernah pelit berbagi ilmu anda. Jgn takut tersaingi, karena rejeki semua sdh ada yg atur. Semakin anda sering berbagi semakin anda bnyk mendapat.

Jadi kesimpulannya BERBAGI ITU MEMANG BERBAHAYA

– Berbagi Ilmu sangat berbahaya krn dapat membuat anda malah kebanjiran ilmu baru

– Berbagi Kebaikan sangat berbahaya krn dpt menyebabkan anda kbnjiran kebaikan dan Damai Sejahtera berlipat2.

– Berbagi Amal sangat berbahaya krn menyebabkan Berkat Tuhan tdk berhenti mengalir untuk anda.

Karena BERBAGI ITU BERBAHAYA maka dari itu saya sangat senang berbagi lewat tulisan saya ini. Sebab saya Pria yg suka dgn Bahaya 🙂

Masih Takut dan Pelit untuk BERBAGI??

Kristian Praba Raditya

@YanPraditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *