Sudah Efisienkah Waktu Anda?

Ada ungkapan yg sering kita dengar yaitu Time is Money. Ya itu sebuah kalimat yg ingin mengajarkan pada kita tentang pentingnya sebuah waktu.

Sering kali kita mengeluh kalo kita sering kekurangan waktu krn sibuk bekerja, dll. Namun benerkah waktu kita yg kurang ataukah sebenarnya kita yg menggunakannya tidak efisien?

Ok kalo begitu mari saya perkenalkan dgn salah satu sahabat saya Welin Kusuma. Mungkin ada beberapa yg masih asing dgn namanya. Namun sebenarnya Welin ini sdh sering riwa riwi di media televisi, cetak bahkan online karena prestasinya yg sangat WOW. Ya jelas prestasinya sangat keren karena tercatat hingga hari ini dia memiliki total 27 gelar akademik (dan rasanya akan terus bertambah)

Yes ini serius, jadi jika ditulis nama beserta gelarnya maka akan menjadi seperti ini Welin Kusuma, ST, SE, S.Sos, SH, S.Kom, SS, SAP, S.Stat, S.Akt, S.Ikom, MT, MSM, M.Kn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA. (semua ini didapatkan dengaan rata2 IPK di atas 3.0)

Saya masih teringat saat terakhir saya ngobrol santai berdua dengannya di Surabaya, saya sangat penasaran bagaimana dia bisa meraih itu semua. Ternyata itu terjadi krn dia cukup pandai utk membuat waktunya sangat effisien. Bayangkan dia pernah selama bbrp tahun mulai pagi hingga malam dari Senin sampai Minggu menggunakan waktunya utk belajar dan kuliah. Jadi rasanya jika ada dari kita yg kuliahnya cuman satu tapi ga kelar-kelar harusnya malu mendengar ini.

Dia juga sampaikan bahwa utk membuat waktu jadi efektif adalah membuat skala prioritas dan jadwal harian. Lebih baik jadwal atau list to do ini ditulis dan jika sdh dilakukan bs lgsg ditandai. Jadi segala sesuatu ada targetnya. Dan yg paling penting motivasi kita jg harus tetap tinggi. Karena hal ini penting utk melawan rival utamanya WAKTU yaitu rasa MALAS.

Jika Welin saja bisa membagi waktu untuk belajar kuliah dan bekerja, masa kamu yg tidak sesibuk dia aja nggak bisa. Karena sesungguhnya semua itu hanya tergantung cara kita mengatur waktu kita.

Jadi masih mau bilang waktumu selalu kurang?

Kristian Praba Raditya

@YanPraditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *